Hidup dari kacamata pelajar muda.

Saturday, December 27, 2008

boyband indonesia

hai hai hai semua! akhirnya gw kembali lagi seteah sekian lama kabur entah kemana. Taernyata ngetik dengan keyboard komputer yang hurufnya sudah hilang
sangat tidak enak! eniwei, selama liburan terkumpul beberapa ide postingan.
ini hal yang gw bingungin dari dulu ya, kenapa grup vokal (boyband, girl band, multi-gender bands) ITU KURANG LAKU DI INDONESIA?
herannya bukan di indonesia saja, sepertinya di sekitar asia tenggara juga karena notabenenya band dengan alat musik lebih popular.
Menurut gw, di indonesia girl band masih ada lahan dan menempati hati pemirsa kayak DI3VA, dewi-dewi, RSD, AB Three dan lainnya.
Kalau di negara barat dan asia timur (korea, cina, taiwan dan jepang -i'm a KPOP fan btw-) grup idola sangatlah digemari.
Gw inget TPI pernah bikin ajang boyband dan entah bagaimana kabarnya.

padahal secara keuntungan finansial, lahan ini SANGAT MENJANJIKAN. lihat saja idol grup macam F4 dsb, yang menjamur dimana2, kalikan saja keuntungan yang bisa didapat produser.

Menurut analisa gw sih, mungkin masyarakat udah keburu malas dengan grup vokal yang identik dengan imej modal tampang doang. mending lihat band
yang sudah ketahuan bisa main musik.

Kedua, bukan budaya masyarakat indonesia untuk meihat sekumpulan pria menyanyi dan menari2.
dari jaman dulu, band di di indonesia udah merajai lahan musik. sebut aja koes ploes, god bless. grup vokal kayak cool colours, FBI de el el kan baru di era 90an
mungkin orang pada mikir, "ih apa-apaan sih, cowo2 kaya model joget2?"

ketiga, ga ada pemasaran dan strategi yang benar untuk mengorbitkan grup vokal.
grup vokal indo emang benar2 dicap sebaGAi grup "nyanyi doang" sementara kalau di negara2 lain, grup ini ikut dikupas kepribadiannya, kesehariannnya, sikap dan tingkah lakunya
serta serba serbi lainnya lewat reality show, tv appearances, MTV Diary atau sekedar video journey/video konser2,
gw inget VCD2 konser westlife yang ikut meliput bagaimana saat konser mereka, kayaknya itu menarik.

gw kurang tahu banyak tentang grup vokal indonesia, dan kalau cita2 PLAN B gw sebagai produser kesampaian (amin!) gw mau bikin analisa ala arlha ah tentang vokal grup.


idol divo
Grup yang amat sangat berbakat dan sayangnya kurang mendapat perhatian. Kayaknya grup ini emang spesialis acara off-air jadi jangan bilang grup ini gagal dulu.
gw mau banget kedepannya grup ini sukses (kalau bisa sampe terdengat gaungnya dluar indo) karena suara para personelnya nge-blend banget (ada satu yang kayaknya kurang, tp gapapa deh)

BBB
aslinya idol group indonesia. Bener2 IDOL GROUP (yang musikalitasnya perlu dipertanyakan). tapi melly goeslaw emang yahud, bisa menyulap grup ini jadi ladang yang menghasilkan cukup banyak uang,
herannya gw sama teh melly, kenapa ya personilnya mereka, padahal pas pertama kali dengar, gw mengharapkan lebih. melly g sendiri yang bilang "cita cita gw mau bikin idol group kayak F4, secara finansial menguntungkan"
dan terbukti lewat film BBB yang tembus setengah juta penonton, emang ladang idol group cukup menguntungkan.

kahitna
"Senior" grup vokal! suka dengar lagu2 mereka meski gw ga tau banyak tentang mereka, siapa dia dan apa aja lagunya. tapi gw suka banget MARIO! so cute!

tangga
muda, berbakat, lagunya asyik2, tapi tetep aja kalah sama band macamnya nidji, dmasiv de el el.

project pop
HAHAHAHAA.. FAVORIT GW! suara boleh lah nomor dua, tapi yang penting terus menghibur hati2 yang tengah luka.

libels, elfa singer's, SPARX?
gw kurang tahu banyak sih tentang mereka..

1 Comments:

Blogger Shera said...

Ala.. Kahitna spt nya bkn boyband.. Tp band... Hehe..

Iya thu sparx padahal bagus. Slh1 personelnya (elsa) alumni penabur lho la,tp smak3 sih.. Ada jo (my fav), ada andy (yg cina), 2lg lupa namanya,tp inget mukanya he2.

Btw. Thn 90an kynya sempet menjamur boyband thu. kyk cool colors, MaLe voice, ME, dll. Mereka tkenal gt, tp emang umur hidupnya sebentar.

Kalo mnrtku,
Boyband luar negri itu, kalo nari, kesannya keren, tp kalo di indo co nari itu kesannya ud ga bgs. Gaktau knp.. Mgkn emg uda imejnya gt aja kali ya..

Jgnkan boyband, male singer aja kynya aneh kalo nari. Makanya glen, rio f, marcel memilih utk menyanyi saja, drpd koreo.. Kalo pake koreo, jadi2nya ky ressa herlambang..

Bingung ya.. Pdhl justin timberlake kynya keren2aja nyanyi smbl nari..

Hmm.. Yg jelas.. Group vokal yg ga ada matinya emang ELFA'S SINGERS..

Besides, Project pop emang asik bgt..

December 27, 2008 at 5:01 PM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home