Hidup dari kacamata pelajar muda.

Friday, April 18, 2008

agama bukan bahasa.

akhirnya hari jumat juga!!! amiinnn!! doa gw terkabul, hari2 berjalan cepat sekali!!
kmrin2 ini sibuk gila2an sama kerjaan, tugas dan tes. duuh, gw kesel bgt deh, sebenernya bisa aja gw dapet nilai yang JAUH lebih bagus kalo aja gw lebih hati2 ngerjainnya, lebih teliti dan sebagainya. hikz.
kadang gw merasa sepertinya otak gw makin 'burn out'. in a sense, jadi makin karatan! hahaha.
memang sih uji coba jg bilang semakin kita menua, semakin lemah daya serap kita, gak kaya anak2 umur 12tahun yang daya serapnya cepet bgt.
makanya, kalau mau arahkan anak, harus dari kecil.

duuhh, jadi ngaco.

ok deh, sesuai request para fans [haha!]. gw berusaha memperhatikan gerak gerik para penduduk negeri singa nurut ini..
hmm.
setelah lama berfikir, akhirnya ketemu satu kejanggalan juga. sbenernya sih banyak loh.. yaa, namanya juga beda negara, pasti banyak kultur2 yang berbeda yaaa,,

tapi gini anehnya.
sejak dari gw SMP1 disini, ada satu hal yang gw ga ngerti banget, yaitu, orang singapura melihat agama dari bahasa.
nah lo, bingung kan?
mksdnya gini, mereka fikir orang yang berbahasa melayu - islam. india - hindu, inggris/chinese itu baru yang kristen/tidak beragama [free thinker].

sebenernya sih kayaknya masalah trivial ya? sepele.. tapi heran aja.
R E L I G I O N
L A N G U A G E.
dont they realize they are completely two different words?
untuk lebih jelasnya mari lihat dua contoh berikut.

pernah taun pertama gw skul disini, gw ngantri di kantin beli bakpao char siew. (daging babi merah)

temen gw: LOH? kok kamu makan itu? kan itu mengandung babi!

gw: HAH? mang knapa?? [kaget. gw pikir ada yang salah gitu.. atau melanggar hukum atau apa.]

temen gw: kamu ga tau apa? kan daging babi tuh haram?

gw: tau kok. MANG KNAPA SIH?

temen gw: kan orang islam ga boleh makan yang haram2..

gw [dalam hati mikir anak ini sok tahu sekali] : ya tapi aku kan bukan islam..

temen gw: (kelihatan bingung sekali) tapi kan kamu ambil kelas bahasa melayu?

gw: (gantian gw yang bingung) ???

temen gw: ?????

karena saling bingung2an, kami pun bingung berdua.
memang kelihatan sepele, tapi terkadang mereka sangat sok tahu sekali.

satu lagi, pas kmrin ini, pas temen2 malay class gw lagi jalan ke ruangnya, ada 1 maths lecturer yang nyapa temen gw dari malaysia. pdhal temen gw ini cina totok, namanya aja chung chang ching chung bgitu..
hehe, boong deh. gw lupa namanya, abis cina2 gitu sih.

dia malah nyapa : !@#@$ [nama si temen gw] eh, kamu ternyata muslim ya?

temen gw: (bingung) hah?

guru : iya, saya baru sadar kamu ambil bahasa melayu.

kesimpulannya, masyarakat sini bilang AGAMA = BAHASA.

inilah budaya bangsa yang tidak punya bahasa ibu yang asli. sayang ya, tidak ada identitas yang pasti, jadi ga ada kesatuan...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home