Hidup dari kacamata pelajar muda.

Thursday, June 18, 2009

Kenalan Sama Variety Show Korea Favoritku dan why Indonesian Variety shows should learn from them

Mudah2an post ini ga membosankan karena tentang Korea-korea gitu. Bukan, bukan tentang Korea inti dari post ini, melainkan ttg reality dan variety shows yang ada. Kebetulan, favoritku ya dari korea-korea gitu.

Sama seperti Jepang dan Taiwan, Korea adalah pusatnya Idols. Industri hiburannya dipenuhi dengan boyband/girlbands bertampang ganteng dan cantik dengan talenta yang patut dipertanyakan. Nah, nantinya variety plus reality shows itu pun erat kaitannya dengan para idols korea ini.

Pertama2 gue ga ga suka Reality shows. hehehe, berbeda sama cousin gw yang satu ini (Sherany), bagi gw, reality shows itu membosankan. Apalah, Joe Millionaire, Survivor, bahkan reality2 shows nya paris hilton (yang belakangan ini kakak gw ngikutin) pun gw ga nonton.
Mungkin gw perlu jelaskan bedanya reality dan variety shows kali ya.
Gw ga tau pastinya, tapi dari definisi gue sendiri, reality shows itu lebih berhubungan dengan kehidupan (ya iyalah, realita gitu lho), tapi klau variety, lebih ke komedi. Jadi inti dari variety, acaranya juga ngasal gitu, namanya juga variasi.

Nah, tapi, variety shows Korea Selatan itu menarik banget. Memang, ada yang niru2 Barat kayak Paris Hilton finds BFF atau lain sebagainya, tapi ada yang menarik di mata gw. Perkenalkan:

1) Family Outing

Mungkin ini kategori variety show kali ya? Karena lebih komedi. Inti dari acara ini adalah sekumpulan pekerja seni di Korea (terdiri dari aktor, penyanyi, MC kondang, komedian) disuruh menjelajah daerah-daerah pedalaman Korea.
Serunya, kita bisa lihat keindahan desa-desa gitu. Terus sekumpulan orang-orang ini yang anehnya, meski udah pada tua tua bangka, tapi kelakuannya kayak anak-anak TK. kocak abis!
Suka rebutan tempat tidur, rebutan permen, pokoknya aneh bin ajaib..

Mereka dikasih misi (mission), terus ada games, ada tugas bikin makan malam dan makan pagi, semuanya mesti cari sendiri di alam!
Tiap minggunya juga ada bintang tamu yang dateng meramaikan suasana.

Gw ga bisa kebayang gimana kalau Tantowi Yahya, Tukul, Rio Febrian, VJ Daniel atau siapalah, dikumpulin jadi satu lalu dikirim ke Medan, Lampung, Bali untuk acara kayak begini. hoho, tapi, mungkin bakalan seru.

Kadang acaranya bisa menyentuh karena sekumpulan orang2 ini udah bener2 kayak keluarga pada dekat banget, makanya nama acaranya Family Outing (Piknik Keluarga) gitu..

2) We Got Married
nah, yang ini favorit gue bangeeeeeeeeet!

Dulu, acara ini jawaranya rating, tapi semenjak para couples mulai meninggalkan acara ini gara2 sibuk, acara ini makin terbengkalai dan ga jelas.
btw, beda sama indonesia yang penuh sinetron ga jelas, kalau di Korea, Prime Time nya juga dipenuhi variety shows, ga cuma drama saja.

WGM ini tuh ibaratnya, 2 selebriti Korea 'dinikahkan'. Kyak Full House, nikah boong-boongan. Tapi mereka bener2 tinggal serumah kalau buat syuting acara ini, outdoor wedding shoot,terus bener2 visit mertua, tapi ga tidur sekamar lah ya..

Seperti family outing, mereka juga suka dikasih misi, ada bintang tamu, dsb..


Kreatifnya, (kudos buat para tim kreatif), ada empat pasangan di acara ini. Dan tiap pasangan tuh ada 'karakter' layaknya pasangan di kehidupan sebenarnya. Misalnya, ada pasangan cewe lebih tua - suami muda, ada pasangan "elite" yang hidupnya glamor banget, ada pasangan super romantis yang kalau gue nonton bikin enek..

Pasangan favorit gue tuh Son Dam Bi - Marco (ahaha, nama anaknya Ci Mirtha), sayang, pasangan ini udah keluar gara2 si Son Dam Bi sibuk. Pasangan ini tuh pasangan penyanyi - model.
Yang ceweknya cantik bangetttt!



Tapi, yang cowoknya, meski model, udah 30an, sifatnya bener2 kayak anak kecil!
di acara ini ketahuan deh, para sifat2 asli manusia kalau sudah menikah.
Jadi inget acaranya si Helmy Yahya, yang Sophia Latjuba mau kawin tapi gagal total itu. wkwkwkw...

3. Mnet Scandal
Ini terbilang reality show kali ya?
Terinspirasi dari Notting Hill, acara ini terbilang baru tapi cukup menarik.



konsep acaranya, para selebriti korea dikasi kesempatan untuk 'jadian' sama para fansnya selama seminggu. Selama satu minggu, si artis ini beneran ngedate, telpon2an +smsan sama si fans.

Tentu aja, fansnya dicari yang cakep2.
Seremnya para fans si artis yang cemburu sama si fans beruntung itu suka ngamuk2 ke stasiun TV dan mengancam pembunuhan, dsb, ke si fans beruntung.
Serem juga sih fandom kayak begini.


*taecyeon dan 'pacarnya' huaa. heartbroken deh gw...*


Gw jadi inget, dulu, banyak variety/reality shows yang lebih bermutu, kayak Selebriti Nginep, Mimpi Kali Yee, dsb. Itu lebih gw tonton..
Sekarang? Yang katanya REALITY show di Indonesia tuh bullshit. apaan tuh, isinya orang berantem ga jelas, isinya orang marah2 ngasih emosi, dipikir gw mau nonton? wth.

Ga ada sisi hiburannya, ga ada sisi mendidiknya. Its badly written too. stupid scriptwriter.

Udah bukan rahasia, kalau acara macam begini tuh udah di skrip alias direncanakan bagaimana jalan ceritanya. Ga beda di Korea, Indonesia ataupun Amerika, skrip beforehand itu sangat penting, kalau nggak acaranya ya nggak menarik dan sutradaranya bakalan bingung bagaimana cara ngambil gambarnya.

gw denger,klau mau ikutan reality show di indonesia, mesti ada castingannya dulu. ahahaha. aneh2 aja, jadi acara2 itu isinya 'aktor' semua. mending aktingnya pada bagus, alamak.

gw pernah baca di bintang indonesia (majalah) ada satu 'aktris' yang muncul di TransTV termehek-mehek jadi orang nyari suaminya yang selingkuh apa gimana deh, eh, muncul juga di SCTV yg setiap hari itu, jadi orang yang nyari pacar (mak comblang or something like that).

Ampun deh, lain kali, mbok ya diteliti dulu sebelum syuting.

Mudah2an akan ada kemajuan di acara pertelevisian indonesia ya...

1 Comments:

Blogger Unknown said...

haloo!! wahh kita sama, kebeutlan gue lagi surfing nyari nyari beberapa variety show di internet dan gak sengaja mampir ke blog lo. eheheh.. gue setuju banget sama isi postingan lo. hehe
gue juga suka banget sama variety korea, entah kenapa rasanya ngehibur banget kalo liat acara acara itu. unik, nyeleneh dan ngehibur banget. tentunya juga menurut gue punya nilai nilai pendidikan, misal kayak running man, adalah sportivitas, invicible youth adalah kerjasama dan pengabdian sama masyarakat. (walaupun mereka idol tetep aja sudi maenan lumpur di sawah). thats why gue suka banget nonton variety show korea.

hum.. emang ya, kapan indonesia punya acara tv yang bermutu (hiburan). bukannya gue gak nasionalis, tapi pada kenyataannya emang acara tv indonesia tuh gak mendidik walaupun menghibur. jadi sedih.. kalaupun ada juga sedikit.

anyway, ini kunjungan pertama gue, salam kenal :)

July 12, 2012 at 8:34 PM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home