Hidup dari kacamata pelajar muda.

Sunday, March 8, 2009

Akibat Stress

Gw ga tahu berita ini big news di Indonesia apa bukan, tp ga lama ini, ada kasus penusukan di Nanyang Technological University oleh seorang penerima beasiswa asal Indonesia.
Klo ga salah nama pnusuknya David Wijaya or something like that..
Spertinya dia stress gara-gara akhir akhir ini nilainya mnurun dan besasiwanya dicabut.

Jd, dia nusuk si profesor (yang nilai thesis ujian dia) dan bunuh diri dengan cara memotong urat nadi + lompat dari ketinggian.

Hm, pas gw search ttg news ini, gw blog=hopping ke salah satu blog mahasiswa NTU, dan dia secara tidak langsung bilang, "kalau stress, kita semua mah juga stress!"
Katanya, everyday is a war di SIngaporean Universities. Semua pasang tampang masam, seakan2 bakalan dimintain duit saking tingginya tekanan akademis yang ada.

Gw ngerti sih, di level gw aja stressnya udah kaya apaan.
Ga heran orang bisa lompat dan bunuh diri dengan mudahnya, karena, paper qualification di sini amatlah penting. Tanpa edukasi, kamu tidak dianggap di sini.
Ga ada haha-hihi di tempat edukasi singapura. yah, ada sih pas secondary/primary school, tapi selebihnya, persiapkan mentalmu kalau mau menuntut ilmu disini.

Emang tingkat stressnya, Singapur kayaknya msih kalah jauh dibanding Jepang.
Tapi, apapun itu, gw bener2 sangsi dengan sistem edukasi kayak gini.

Kadang gw capek, dengan rutinitas belajar kayak gitu, ngeliat buku aja sudah malas.
Gw suka mikir, gimana klo gw udah universitas nanti?
Bkalan botak kali ya?

I dont know, i'll just leave everything to God...

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home