Hidup dari kacamata pelajar muda.

Saturday, February 14, 2009

Perkenalkan, saya designer bayi.


Ini kamar saya yang sangat saya cintai.

Anyway, stelah lama ga ngeblog dan mengalami krisis ide (bukan ekonomi saja yang bisa krisis), serta krisis waktu. Gw ketemu something interesting.
Tadi di kelas, gw nonton video tentang
gene mutation and studies, DNA dan saudara-saudara kembar lainnya.

Intinya, video itu bilang dalam kurun waktu 50 tahun kedepan, akan ada breakthrough dalam teknologi yang memungkinkan manusia bisa mengatur hidup manusia. hayoloh?
maksudnya, dengan memecahkan kode di DNA kita, manusia bisa ngedesain seperti apa bayi yang mereka inginkan di masa depan. Warna rambutnya, kulitnya, kesehatannya, jenis kelamin, dan TINGKAT KECERDASAN. zomg.

Bukan hanya itu, segala macam penyakit seperti kanker, sakit jantung dan obesitas juga bisa dengan mudah disembuhkan dan manusia akan punya hidup yang panjang.

Bagi yang ga tahu apa itu DNA, itu adalah kode dan pesan hidup manusia (itu definisi gw sih). Intinya, di dalam tubuh kita ada protein yang bertuliskan huruf-huruf (CTG, CGG, dsb) dan berbentuk double helix like this.



DNA itu seperti suratan hidup manusia, apa fisik kita, seperti apa riwayat kesehatan kita, umur kita, semuanya tertulis disitu. Itu seperti takdir hidup yang Tuhan sudah tuliskan bagi kita.
Tapi sekarang, manusia try to
play God. Mereka ingin seperti Tuhan, memecahkan kode yang Tuhan sudah kasih dan membuat manusia dan dunia yan mereka inginkan.

Gw bingung. Di satu sisi, ini bagus buat dunia perobatan, bayangkan, di dunia ini yang SATU DIANTARA tiga manusia diperkirakan akan meninggal gara-gara kanker, bisa disembuhkan dengan hanya mengutak-atik kode huruf di DNA tersebut.

Bukan ga mungkin di masa depan, ada pekerjaan desainer BAYI yang mendesain semua bayi yang para pasangan inginkan, bisa punya bayi ideal yang sempurna, siapa yang ga mau?

Kalau begini, apa yang akan terjadi di bumi nantinya?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home