Hidup dari kacamata pelajar muda.

Saturday, August 9, 2008

Happy Birthday Singapore!

Hari ini adalah hari kemerdekaan Singapura, berhubung kemungkinan besar gw bakalan jadi PR (Permanent Resident) di sini, just let me say, HAPPY BIRTHDAY, SINGAPORE!! =)

Aneh ya, kenapa 3 negara serumpun, ultahnya semua di bulan Agustus,
Singapura = 9 Agustus 1965
Indonesia = 17 Agustus 1945
Malaysia = 31 Agustus, ga tahu tahun berapa....

Hohoho, ini tahun kelima gw ikut merayakan meriahnya pesta ulang tahun negara ini. Sebenernya sih, senang karena hari kemerdekaan = libur! Hohoho. Kalau 17 Agustusan, sudah 2 kali gw pergi ke Kedutaan Besar Republik Indonesia buat ngikut upacara, tapi lama2 malas, abis panas bgt. Hohohoho, dan lagi, biasanya bulan Agustus tuh musim ulangan, susah bolos.

Seperti biasa, gw niat bolos hari ini (sehari sebelum hari kemerdekaan, sekolah2 ada perayaan).
Tapi ga jadi deh, abis kebanyakan bolos entar repot urusannya. Gw crita sedikit ya, gimana kebiasaan kita merayakan hari kemerdekaan, let's say it ND, (National Day).
Di sekolah tadi, kita semua dibagikan ini;

Lucuuuu bgt ya? ada benderanya!! gimana mau makan, kue seimut ini! Pokoknya ND Singapura =semua kebagian hadiah!

Biasanya, ND dirayakan besar-besaran dengan bentuk parade+semi-konser. Kalau dulu sih, di stadion Kallang, tapi tahun 2007 lalu dipugar, padahal kondisinya hampir mirip sama Senayan lho! Pas ditanya kenapa dihancurkan padahal masih bagus, jawabannya cuma 'abis udah tua.'
Enak ya kebanyakan duit?




meriahnya pesta ulang tahun negara ini.

Jadi, tahun ini dan tahun lalu dirayakan di Theatre@Bay, Marine Parade. Panggung teater itu mengapung di air lho, keren! Dan setiap tahunnya, selalu ada lagu Pop tentang Singapura. Yang nyanyi, tentu saja artis2 Sgp yang beken di luar ngeri, sebenernya sih, beken di Cina/Taiwan doang. Hohoho. Tapi tebak, tahun ini sapa yang berbangga hati menyanyikan lagunya?
HADY MIRZA.

ugh, masih ga rela Hadi menang Asian Idol! =(
Mana menangnya pas ultah gw lagi..
Ini lagunya.


Tiap tahun lagunya ganti-ganti. Bagus2 lho, judulnya ada Home, Stand Up for Singapore...
Pokoknya, perayaan besar2an, yang rancang paradenya itu para Tentara (anak2 wajib militer) terus udah diatur sejak awal tahun. Heboh deh.
Dan enaknya lagi, rata2 keluarga di Spore dapat angpao kalo ultah, apalagi kalau Spore lagi dapet kangtaw (baca ; untung ) dari perekonomiannya.
Lucunya, besar-kecil angpao dilihat dari ukuran rumah. Rumah yang makin kecil, angpaonya makin gede. Hehe, adil ya? Dikirim dari bank, duitnya. Saya sih ga dapet...

Ada banyak yang bisa Indonesia bisa pelajari dari negara kecil ini. Negara yang tidak punya apa-apa. Air saja nggak ada. Nggak gengsi, seperti yang sering gw baca, belajar itu bisa dari mana saja kan? Negara besar bisa kok belajar dari negara kecil.

Untungnya spore yang membuat sukses adalah kekecilan negaranya yang masih lebih kecil dari kota Bandung. Tapi jangan salah, tidak seperti Brunei yang kecil tapi kaya karena dilimpahi minyak bumi, Sgp totally have nothing. Cuma punya penduduk.
Tapi dasar orang Cina, (70% populasi adalah imigran Cina, sisanya imigran Indonesia, dsb tapi ras asli masih Melayu), bukan bermaksud rasis yah, atau gimana, emang orang Cina itu pinter ngutak-ngatik duit. Perputaran uang, pastikan saja pada mereka, otaknya jalan. Hehehe.

Meski diprediksi tahun ini perekonomian bakalan menurun drastis gara-gara naiknya minyak bumi, tapi gw yakin, industri Sgp akan trus maju. Dengan adanya Kasino, menjadi tuan rumah Olimpiade Remaja 2010, Night Racing 2008, penambahan shopping centre dan terus2an memompa uang di sektor tourism dan teknologi, guru gw pernah bilang, " Kamu-kamu semua dan tujuh turunan tidak akan takut ga punya kerjaan dengan adanya penambahan ini."

Gila, enak ya?
misalnya yah, coba saja suatu hari saya jadi presiden (pemikiran cetek anak berusisa 17 tahun)=

1) Gw mau mindahin ibukota ke kota lain. hOHO, Jakarta udah terlalu sempit, kotor dan rusuh untuk menjadi ibu kota. hoho.
2) Mau membangun kota Industri di Papua dan bagian2 yang sepi penduduk, semua penduduk di kasih training, supaya sektor industri kita lebih bisa menghasilkan uang
3) menguatkan sektor pariwisata, bersihkan pantai2 dan olah lagi tempat2 indah di negara kita, kan bagus banget,,.. sayang masih kurang olahan. Bikin pulau2 dengan theme parks (kaya Dufan gitu) kalau perlu kerja sama dengan Disney. hehe.
Pulau Bintan saja diambil alih sama Singapura dan jadi laba besar buat mereka. Huahhhh, sayang ya?
4) Pendidikan dan kesehatan, gratis buat semuanya!!
5) Pemerataan penduduk, haduh, pulau Jawa itu sudah lama lho memegang titel Pulau Tersempit di dunia (yang artinya, jarak 1 orang sama orang lainnya paling kecil)
6) Rekor Indonesia sebagai negara penghancur HUTAN tercepat di dunia dalam 1 detik, buang!!!
Ga mau ah, megang rekor kayak begituuuuuu!! JELEK banget!
Mending hutannya diolah, jadi objek wisata.. apa kek.

Mungkin gampang ya kayaknya. Coba semua rencana dapet dilakukan dengan mudahnya, niscaya Indonesia jaya. Tapi butuh kerja sama dua pihak untuk mencapai hal ini.
Pemerintah + Rakyat = Partner Bisnis Bangsa.

Pemerintah jangan korup. Rakyat jangan bandel.

Tpi susaha juga ya, untuk memulai bisnis baru di Indonesia kita udah cukup byk punya hutang!!!!
Apa kita hutang lagi buat nutupin hutang dan membuat modal untuk negara?
Tsk tsk. ga tau ah, pusing lama-lama.
Gw ga ngerti politik. Hehhehehe.

Kita berdoa saja, semoga Indonesia bisa maju dan kaya seperti Cina, Singapura, Jepang, dan USA nantinya. hoho. God Bless Us.

4 Comments:

Blogger Shera said...

hai la. gile asik bgt ya, nuansa kemerdekaan sgp masih kentel. di indo, apalgi di kota or di perumahan kyk di gading? mana ada lagi begitu2an, kyknya sejak era reformasi muncul deh. haha.

tapi memang klo kyk gitu kembali lagi ke masalah jumlah sih ya.

susah utk bandingin sgp ma indo. indo itu penduduknya bykkk bgt. jadi ngaturnya susah.

mana mungkin indo bebikinan kue kyk gitu utk ratusan juta penduduknya? siapa yg mo bikin,hehe.

klo dianalogikan keluarga, yg pny anak 2 (menjalankan program KB, hehe), itu ngaturnya lebih gampang kan, daripada yg punya anak 10. bagi2nya jg bisa merata.

makin byk orang, karakternya makin beda2, diaturnya pun sulit.

sperti yg aku bilang waktu dulu, indo itu bukannya serba miskin. wong salah satu mentri kita aja masuk list orang sekian terkaya di dunia, gimana mo bilang miskin. tpi pnyakit akutnya indo itu kesenjangan sosial. manusia gak pernah puas. sifat alamiah manusia., yg kaya mau tetep kaya. yg miskin kadang nyalahin yg kaya jg. aih ribet lah penduduk udah kebanyakan.

soal yg visi kepresidenan kamu, hehe. itu bagus bgt la, cuma syang, moral bangsanya dulu menurutku harus diperbaiki, moral SDM nya.

SGP cuma punya SDM kan, itupun dari cina, bukan penduduk asli (mana ada ya? hehe), tpi SDM nya oke, jadi bisa ngolah.


di indo soal nya ya gitu sih, budaya korup masih byk, budaya malas dan meminta2 banyak, serakah, dll, yah, memang penyakit dasar manusia. makanya, segala macem usaha juga percuma, klo dikotor2in ama yg SDM yg masih suka memntingkan diri sendri..

dana uda ada, SDA udah ada, tapi SDM nya ngintil2in dikit2 dana dan SDA nya, gimana programnya mau berjalan bersih. ck2.

yah begitulah, 32 tahun menyerap budaya kayak gitu, berapa byk coba orang2 yg akirnya terBIASA dengan budaya kyk gitu. ampe skrg, antek2nya masih bergelimpangan di mana2 even dari pejabatnya segala. pejabat hukum, pejabat di DPR. (tau kasus artalita, kan?)

kacau. menurutku dan temen2 aku waktu pernah ngobrol berat soal politik, presiden kedua kita, kita nobatkan jadi orang paling smart. gokil. dari mulai kasus pki, ampe macem2lah, bisa loh dia mejalankan rencananya dengan matang dan dengan sedemikian rupa, ampe baru revealed krg lebih 3dekade kemudian. sayang kepintarannya hanya utk konsumsi pribadi.

maap2 ni, mgkn kesannya aku mojokin beliau bgt, tp aku bs ngmg bgitu krn jg dijelasin ama dosen2ku, yg rata2 wartawan senior, mereka itu ngerasain bgt era nya pers di-kungkung ama pemerintah, makanya setelah orde itu kelar, wuih, keliatan bgt deh dosen2ku tuh klo bahas soal pers di orde itu, bisa kelihatan pahit bgt dan bener2 tau "bau"2nya pemberitaan media byk yg memihak bgt, alias berat sebelah.

bahkan hingga beliau yg waktu mninggal rasanya jadi dianggap pahlawan, itu sbnrnya gak lepas dari masalah agenda setting semata, alias lebih menonjolkan sisi baik2nya. dan kurang imbang. gitu2 deh. klo dibahas jadi pljrn 1 smster hehe.

ah jadi melenceng topiknya. hehe. yg jelas, aku cinta indonesia. tapi bener2 prihatin sama keadaan indo.

setuju bgt, harus ada kerjasama dari pemerintah dan rakyat.

makanya, setuju deh ama yg tmenku pernah bilang, skrg cari pemimpin bukan yg pinter yg dpentingin, klo pinter tapi ujung2nya minterin rakyat, untuk apa.

yg penting itu dicari pemimpn yg takut akan Tuhan. bukan sok rohani, tapi jaman sekarang gitu loh, sulit rasanya nyari orang yg "normal" dan lurus, apalagi bersih.

klo semua orang, dimulai dari hal2 yg kecil tidak menghalalkan kesalahan2kecil, g rasa indo ini akan lebih baik.

krn klo ada dana pembangunan, ya total lah itu buat pembangunan. jgn dicomot2 dananya. apa gak maju kyk gitu. tapi.. ah begitulah. we only can pray buat indo.

btw, bentar lagi (1 tahunan lagi) ada pemilu, dulu kyknya kita anggep "wah enak ya bisa nyoblos"

sekarang? aku malah bingung mo milih siapa. sebagai WNI yg baik, aku gak mo jadi golput, uda dikasih kesempatan memberi suara, ngapain buang2 suara, tapi klo kandidatnya masih yg begitu, mau milih jg berasa salah.. fiuh... hope the best for indo lah pokonya,

yg jelas, happy birthday buat adik kami, singapur (beda puluhan tahun bo merdeka nya, hehe). dan indo jangan mau kalah ama singapur...

happy advanced birthday indo! ai will always lup u indonesia!!!!! hoho.

August 9, 2008 at 3:35 PM

 
Blogger Arlha said...

sher, klo u liat videonya hadi, ada bangunan rumah khas sgp, HDB yang pnah a bilangin itu lho..

iya, mkanya spore sndiri blang kan kekuatan dan kelemahan dia terletak di negerinya yg kcil.

hehe, visi kepresidennya ga bklan jalan kalopun bagus, krna ga ada modal.. hihi..sayang ya? apa lita msti jual pulau2?

stuju, emang, ngara kita tuh nagara pmalas. knapa ya sher? rakyatnya apa kerja krg keras pa gimana?
kalaupun uda kerja keras, kasiannya duit rakyatnya dikuras ama pejabat.

duuh. bener2 ga ada koordinasi. payah bgt..
u bner mo nyoblos ya? ga golongan putih dunk?

iya. presiden no2 emang kontroversial tuh, a juga jd heran knapa di akhir hayatnya jasa2nya diekspos abis. emang bgus sih jasa2nya.. tp utang yg ditinggalkan jg mayan bgus,, hohoho..

August 11, 2008 at 11:22 PM

 
Blogger Shera said...

hei alaa...kan aku buka blog kamu satu lagi, trus ada tulisan ini kan di blog mu

If you think you know me, read my blog and think again.
I'm imperfect and I'm Lovin' It.
I'm the only witness and the only person who can judge my life.
This is my blog so Click here if you hate it.
announcements;p


dan dengan sotoi nya aku mo coba klik here itu. abis pengen tau, kluarnya apa ya klo di klik. tapi kok gak ada perubahan secara seklibatan.

trus, setelah kulihat2 lagi, aku gak bisa komen. apa itu tanfa klik supaya gak jadi bisa komen ya?

yah... salah mencet donk aku. hehe. balikin lagi ke bisa ngekomen bisa gak la? seidih amat sih. hehe

*akibat terlalu suka ekplorasi link di link yg salah hehehe.

thanks la

August 13, 2008 at 3:27 AM

 
Blogger Arlha said...

wah, aku kurang ngerti tuh sher, kan itu skin aku ambil aja, orang lain yang buat,, hoho..

kalo mnurut dugaan a sih, itu link yang bikin IP adress u di block dicbox.

tar a coba unblock klo ke cbox deh.

August 13, 2008 at 8:30 PM

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home